Rabu, 05 November 2014

Kawasan Wisata Batu Putuk nan memukau



Pepohonan nan hijau dengan keramahan penduduknya seolah menyambut para pengunjung di kawasan wisata yang terletak di ujung Bandar Lampung itu. Sungai kecil tampak membelah lembah mungil saat kita melalui jalanan beraspal itu. Sesekali kita bisa menjumpai para pedagang yang menjajakan aneka buah-buahan seperti rambutan, durian, pepaya, pisang dan lainnya. Para pengunjung akan menikmati pemandangan yang berbeda seperti Kota Bandar Lampung pada umumnya. Itulah gambaran pemandangan wisata di seputaran Batu Putuk. Kita akan disuguhi berbagai wisata alam dan buatan. Kawasan wisata batu putuk yang bisa kita jelajahi diantaranya Taman Wisata Wira Garden, Kebun Binatang Bumi Kedaton, Air terjun Batu Putuk, Penangkaran Rusa hingga Taman Kupu-kupu Gita Persada. Namun, ada juga batu putuk (putus) yang terletak di salah bukit di sini. Batu inilah yang menjadi cikal bakal penamaan kawasan Batu Putuk, Sukadanaham, Bandar Lampung ini.

Taman Wisata Wira Garden merupakan salah satu obejk wisata alam yang juga telah dibenahi dengan penyedian sarana dan prasarana. Letaknya yang strategis di pinggir jalan ternyata mampu menarik wisatawan untuk singgah di sini. Para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam yang hijau dan sungai yang begitu jernih. Objek wisata yang satu ini cocok untuk outbond karena memiliki arena lapang yang begitu luas.
Objek wisata lainnya yaitu Kebun Binatang Bumi Kedaton yang menyimpan aneka satwa yang begitu memikat mata Anda. Aneka jenis primata seperti kera ekor panjang, beruk, monyet, kera sulawesi dan lainnya juga ada. Satwa lainnya yang juga menghuni kebun binatang kebanggan masyarakat Lampung ini yaitu Buaya Sumatera, Kuda Poni, Ular Sanca batik, Rusa, Landak dan lainnya. Aneka unggas seperti burung Kakatua Raja, Merak, Kasuari dan aneka jenis burung juga tampak lincah berkicau di sini. Menurut Faizal Afnan, salah satu pengunjung dari Yogyakarta mengatakan bahwa kebun binatang ini layak dijadikan tempat wisata bersama keluarga. Kita bisa belajar banyakhal di sini dan tentunya bisa sekaligus berwisata. “Asyik main ke kebun binatang ini,” kata dia.

Taman kupu-kupu Gita Persada begitu memikat para pengunjung dengan aneka rupanya. Apalagi saat musim penghujan tiba biasanya banyak kupu-kupu tampak menghiasi taman seluas sekitar 4 ha ini. Setidaknya ada ada sekitar 25 spesies jeni kupu-kupu yang ditangkar di sini, namun kini jumlah berkembang hingga 40-an lebih. Kita bisa belajar banyak hal di sini, aneka jenis kupu-kupu Sumatera menjadi objek utamanya.Taman kupu-kupu ini terletak di kaki Gunung Betung, Desa Tanjung Manis, Kecamatan Kemiling Bandar Lampung ini. Di sini kita bisa melihat peralihan hidup kepompong hingga menjadi kupu-kupu. Ichsan Jaya Kelana, salah satu pengunjung dari Bandar Lampung mengatakan sangat takjub dengan abanyaknya kupu-kupu di sini. “Ternyata Bandar Lampung memiliki taman kupu-kupu Sumatera yang begitu lengkap,” kata dia.
Kawasan wisata lainnya yang masih berada di Kawasan Batu Putuk yaitu Kawasan Ekowisata Penangkaran rusa Tahura Wan Abdul Rachman. Kawasan ini memang belum terbuka untuk umum. Namun, jika ada pengunjung yang ingin melihat langsung penangkaran rusa timor maka petugas di sini akan memberikan ruang terbuka untuk melihat rusa secara langsung. Beruntung, Lampung post bisa masuk langsung ke penangkaran rusa, bahkan, memberikan makan untuk rusa-rusa nan jinak itu. Inilah beberapa objek wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung yang ingin menyelami keindahan Kawasan Batu Putuk. Dalam sehari kita bisa menyusuri semua objek wisata yang ada di kawasan Batu Putuk ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages