Minggu, 01 Juni 2014

Melincah ke Bendungan Batu Tegi


Landmark - Bendungan Batu Tegi, Tanggamus

Sekelompok remaja tampak berjalan-jalan mengelilingi area sebuah bendungan yang amat besar. Sesekali mereka saling bercanda dan berfoto. Angin yang begitu menyejukkan membuat mereka betah berlama-lama disana. Apalagi pemandangan hijau di sekeliling mereka yang cukup menyejukkan mata membuat mereka tambah kerasan. Air tawar tampak seperti danau yang mengambang diantara deretan perbukitan. Ada sebuah jembatan raksasa yang seolah menjadi pembatas diantara kedua sisi perbukitan. Itulah pemandangan yang tampak dari Bendungan Batu Tegi. Bendungan yang memiliki keunikan tersendiri diantara bendungan-bendungan lainnya di Lampung.

 
 Sepanjang 1 Kilometer, Jalan menuju Batu Tegi

Menjelajahi wisata di Kabupaten Tanggamus seolah tak ada habisnya. Ada saja cerita-cerita menarik nan unik yang tertoreh disana. Mulai bentang alam yang mempesona hingga budaya Lampung yang masih lestari hingga kini. Salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi saat tiba di kabupaten yang menjadikan lumba-lumba sebagai ikonnya ini adalah Bendungan Batu Tegi. Dijamin Anda nggak bakal kecewa saat tiba di Bendungan yang sangat besar ini.

 
 Bendungan Batu Tegi dengan pemandangan di sekitar area


Jarak tempuh dari pusat Kota Bandar Lampung sekitar 2 jam. Jalan yang mulus dan pemandangan pedesaan menjadi pertimbangan Anda untuk berlibur ke sini. Tepat sebelum Pasar Talang Padang ada papan yang menunjukkan arah menuju Bendungan Batu Tegi yang kini masuk dalam wilayah Kecamatan Air Naningan. Jika Anda berlibur kesini disarankan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Pasalnya jarak tempuh menuju area bendungan lumayan memakan waktu sekitar 15-30 menit dari Talang Padang.

Konon, Bendungan Batu Tegi merupakan bendungan terbesar di Asia Tenggara. Bendungan buatan Jepang dan Jerman ini memiliki konstruksi yang sangat kokoh dan kuat dengan teknik pengecoran yang canggih. Awalnya bendungan ini  hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air untuk kegiatan pertanian dan pengelolaan listrik. Air-air dari bendungan yang terletak di Kecamatan Air Naningan ini dialirkan ke beberapa kabupaten seperti Lampung Tengah, Tanggamus, Metro hingga Lampung Timur.  


 seperti jurang ini di Batu Tegi loh

Namun kini, banyak wisatawan yang berdatangan untuk berwisata di sini. Walaupun begitu objek wisata ini belum terlalu populer di Lampung. banyak yang tidak tahu jika Lampung memiliki objek wisata terbesar di Asia Tenggara ini. Banyak hal yang bisa kita lakukan di sekitar area bendungan yang memiliki luas ha ini. salah satunya adalah motor trekking. Ini merupakan salah satu wahana baru yang jalur trekking dibuat oleh komunitas pecinta motor trekking. Para pengunjung khususnya pecinta motor trekking bisa dengan leluasa menjelajahi jalur trekking yang begitu menantang andrenalin. Jalur trekking yang begitu bagus dan terawat menambah betah para pengunjung, apalagi pemandangan disini masih begitu alami. 

 
Masih dengan airnya yang jernih

Anda hanya ditarik tarif masuk sekali di pintu pertama. Selebihnya Anda bebas mengunjungi berbagai area yang Anda inginkan. Selain jalur trekking ada juga bumi perkemahan. Selain sebagai sarana wisata alam, area bendungan Batu Tegi ini bisa dijadikan sebagai wahana wisata pendidikan. Bumi perkemahan ini sering dipakai untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan. Lapangan yang sangat luas dan datar menjadi keunggulan tersendiri bumi perkemahan ini. Apalagi para pengunjung diharuskan menjaga lingkungan agar tetap asri seperti dilarang membuang sampah sembarangan. 

 
Pemadangan hijau hampir merata

Pada sisi lain Anda juga mengelilingi danau menggunakan perahu nelayan setempat. Melalui dermaga pada sisi kanan dari arah bendungan, Anda bisa melihat keasrian alam di kawasan bendungan ini. Jika Anda ingin mengelilingi danau sebaiknya saat pagi hari selain pemandangannya masih sejuk juga dijamin warga setempat siap mengantarkan Anda mengelilingi bendungan. Harga yang ditawarkan pun tergolong murah. Jadi buat Anda yang berlibur kesini selain murah meriah, Anda juga akan kembali fresh setelah sepekan disibukkan dengan aktivitas pekerjaan yang melelahkan.

Bendungan yang diresmikan pada tahun 2004 ini juga memiliki beberapa fasilitas. Diantaranya masjid berornamen Lampung. Masjid yang dibangun oleh pemprov Lampung ini selain sebagai sarana ibadah umat muslim juga sebagai pelestarian cagar budaya ornamen khas Lampung. Jadi, buat Anda tak perlu khawatir jika datang kesini. Selain itu, ada juga penjual aneka jenis makanan. Para penjual itu akan memenuhi area fast food di sekitar danau saat akhir pekan. Diluar akhir pekan, hanya beberapa penjual saja yang berjualan di sini. 


Sepanjang jalan , masih 1 kilometer

Mengunjungi bendungan ini sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Selain Anda bebas untuk mengelilingi area yang Anda inginkan juga lebih efektif mengingat kawasan bendungan ini sangat luas.
Hutan yang begitu hijau nan rimbun menjadi salah satu andalan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan disini. Wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Pepohonan yang begitu rimbun bisa dijadikan sebagai kanopi selama Anda berlibur kesini. Bercengkrama bersama keluarga sambil duduk diatas tikar menjadi kesan tersendiri untuk Anda. Objek wisata ini juga tergolong aman untuk anak-anak. Sembari berwisata bisa juga mengenalkan alam sekitar kepada anak-anak kita.

Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu aset wisata Lampung yang sangat potensial menyedot wisatawan dari berbagai daerah. Selain kemegahan bendungan ini, daya tarik lainnya seperti hutan alami juga menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung untuk datang kesini. Maka tak heran jika pemda Tanggamus begitu gencar dan aktif mempromosikannya. Ayo berkunjung ke Batu Tegi, dijamin Anda pasti ingin datang lagi. 


Sisi kanan Bendungan Batu Tegi

0 komentar:

Posting Komentar

Pages