Kamis, 25 Desember 2014

Sulam Usus, Sulaman Khas Lampung yang Kian Mendunia











Provinsi Lampung memiliki berbagai macam jenis kain yang beraneka ragam. Selain kain, Lampung juga memiliki aset daerah yang sangat potensial yakni sulam Usus. Kain-kain maupun sulaman itu selain memiliki motif dan corak yang berbeda juga memiliki keunikan masing-masing. Keunikan inilah yang kemudian membuat kain-kain dan sulaman tradisional Lampung kian diburu oleh para wisatawan. Apalagi kini kain-kain dan sulaman tradisional itu sudah banyak dimodifikasi oleh para desainer Lampung. Ini menjadi daya tarik tersendiri, bahwasanya kain-kaindan sulaman tradisional itu juga bisa didesain dengan perpaduan dan sentuhan modern. Sulam Usus merupakan sulaman yang banyak dikembangkan di berbagai daerah di Lampung. Bandar Lampung dan Lampung Selatan merupakan dua wilayah di Lampung yang cukup intens mengangkat sulaman khas Lampung itu. Bahkan, Bandar Lampung mengangkat sulaman usus sebagai ikon wastranya. 








Sulam Usus sejati merupakan sulaman yang dibentuk menyerupai bentuk usus kecil namun dengan kontur yang lembut dan tipis. Kini, Sulam Usus menjadi salah satu sulaman yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Kini berbagai macam warna dari sulam usus bisa dengan mudah ditemukan. Biasanya sulam usus berwarna putih terang dengan garis-garis yang begitu jelas. Garis-garis itu dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Biasanya para desainer membuat sulaman usus untuk bentuk kebaya wanita. Namun, kini sulaman usus mulai berkembang dengan munculnya desain-desain baru seperti baju sulam usus untuk pria.
Sulam Usus yang biasanya didesain untuk pria atau wanita dewasa kini mulai berkembang lagi dengan munculnya desain terbaru untuk anak muda. Sulaman usus itu dibuat sedemikian rupa menyerupai cardigan maupun mini dress yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Ini untuk menarik minat generasi muda terhadap sulaman usus ini. Maka tak mengherankan kini kita bisa menjumpai para remaja yang juga turut mengenakan sulaman ini. Selain  itu, sulaman usus yang biasanya hanya dimodifikasi untuk acara-acara resmi kini mulai didesain untuk acara santai. Sehingga kita bisa menjumpai sulaman ini tidak hanya di ruang-ruang pesta pernikahan maupun acara adat saja, namun, dalam acara gathering maupun kongkow-kongkow bisa juga kita temui. Bahkan, sulaman usus ini mulai merambah didesain untuk anak-anak. Ini artinya sulaman usus ini cocok untuk semua kalangan dengan latarbelakang usia yang berbeda. Intinya tinggal menyesuaikan antara model, corak sulaman usus dengan bentuk tubuh si pemakai. Ini akan semakin eye catching dengan menambahkan sedikit bross ataupun aksesoris lainnya. 



 

 

Sulaman usus ini biasanya didesain untuk atasan semacam baju, cardigan, kemeja dan sejenisnya. Kini, sulaman itu mulai dibentuk untuk bawahan sehingga bisa dipadupadankan. Walaupun begitu sulaman usus ini tetap cocok digunakan dengan memodifikasi dengan kain lainnya sebagai pelengkap. Ini juga yang menjadi kelebihan sulaman usus yang cocok dipadupadankan dengan kain tradisional Lampung seperti kain tapis, kain ikat inuh dan lainnya. Bagi para pecinta wastra sulaman usus menjadi koleksi yang wajib dimiliki. Selain memiliki keunikan tersendiri dibandingkan sulaman lainnya, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Apalagi sulaman usus ini bisa kita jumpai dengan mudah di berbagai daerah di  Lampung. Payu kham lestaghiko sulaman tradisional Lampung. Tabik. 




0 komentar:

Posting Komentar

Pages