Minggu, 26 Oktober 2014

Singgah pai di Pantai Klara




Belasan muda-mudi itu tengah menikmati pesona pantai di pinggir Teluk Lampung. Mereka berjalan menyusuri sepanjang bibir pantai sembari bercengkrama. Sesekali mereka melempar senyuman diantara mereka sembari bermain air laut. Tak berapa lama mereka menyusuri jembatan di dermaga kecil di pantai itu. Mereka duduk rapih di sepanjang jembatan mungil itu sembari berfoto bersama. Itulah momen kebahagian para pengunjung Pantai Klara, Pesawaran. Banyak berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di pantai mungil nan cantik itu. Maka jika Anda berkunjung ke Lampung jangan lupa untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Dijamin Anda tidak bakal menyesal.

Lampung memang memiliki banyak pantai, maka tak berlebihan jika Lampung layak dijuluki sebagai negeri seribu pantai. Pantai-pantai itu tersebar merata hampir di semua wilayah di Lampung. Maka banyak wisatawan yang berburu pantai-pantai cantik di Lampung. Salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Pantai Klara. Pantai ini terletak di Desa Batu Menyan Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Lampung Selatan. Jarak tempuh dari Bandar Lampung menuju objek wisata ini sekitar satu jam perjalanan baik menggunakan motor maupun mobil. Bagi Anda yang ingin menggunakan angkutan umum, melalui DAMRI maupun terminal rajabasa juga bisa. Biasanya DAMRI/Bus akan kembali menuju Bandar Lampung sekitar pukul 14.00. 

Pantai yang mulai dibuka pada tahun 1997 sebagai objek wisata ini awalnya merupakan pos Unit Gugus Keamanan (UGK). Lambat laun banyak warga di Lampung yang memanfaatkan keindahan pantai ini sebagai salah satu alternatif wisata. Namun, karena kondisi keamanan kala itu yang kurang aman, misalnya ada motor pengunjung yang hilang. Maka ada inisiatif menjadikan pos UGK ini sebagai salah satu tempat persinggahan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai. Maka sejak saat itu, pantai ini semakin ramai dikunjungi wisatawan untuk berlibur. Namun, status pantai ini masih sebagai pos UGK dengan berdirinya dermaga mini di tengah-tengah pantai. Hingga kini pantai ini masih tetap saja ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat akhir pekan datang.

Awalnya pantai ini bernama Teluk Baru. Nama Klara digunakan untuk penyebutan pantai ini tentunya memiliki sejarah tersendiri. Klara merupakan kepanjangan dari Kelapa Rapat. Dulu, tepatnya antara tahun 1982-1984, sebelum dijadikan sebagai salah satu objek wisata, pantai ini banyak ditumbuhi pohon kelapa. Konon, jarak antara satu pohon kelapa dengan yang lainnya mencapai tiga meter. Luas kebun kelapa saat itu kurang lebih sekitar 1,5 hektare. Melihat jarak yang begitu rapat antar pohon kelapa ini, maka pantai ini oleh penduduk sekitar dikenal dengan Pantai Klara (Kelapa Rapat). Namun, kini kondisi pohon kelapa tidak serapat dulu, jumlahnya pun tak sebanyak saat itu. Namun, kita masih bisa menemukan pesona pohon kelapa di pantai cantik ini. 

Menurut Udin, kordinator lapangan Pantai Klara, banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di sini, mulai dari renang, canoe, banana boat hingga aktivitas lainnya seperti memancing. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah mengunjungi pantai ini saat acara pelatihan kebersamaan TNI tahun 2010. Pantai ini kian moncer dengan berbagai fasilitas dan wahana yang ada. Para pengunjung yang datang ke pantai ini dikenai tarif sebesar Rp 10ribu (motor), Rp 25ribu (mobil) dan Rp 150ribu (bus). Sementara untuk pondokan hari sewanya mencapai Rp 25ribu selama seharian penuh. Sementara itu, untuk menikmati wahana canoe kita dikenai sewa Rp 15ribu, Rp 25ribu untuk banana boat, Rp 10ribu dan Rp 5ribu, masing-masing untuk ban ukuran besar dan kecil. Fasilitas lainnya yang disediakan yakni musola dan tempat pemandian dengan biaya Rp 3ribu. “Kami menggunakan pos UGK ini juga untuk masyarakat yang ingin singgah menikmati keindahan pantai yang satu ini, hehehehe,” kata dia.

1 komentar:

  1. The charm and beauty of Klara beach field is awesome. It's great to play with such a cool water at this beach and enjoy a good time here.
    meet and greet stansted

    BalasHapus

Pages