Minggu, 26 Oktober 2014

Air Terjun Air Batu Putuk

Dua lelaki muda itu asyik mandi di bawah guyuran air terjun yang begitu menyegarkan. Sesekali mereka berenang pada sebuah kolam di bawah guyuran air terjun itu. Hijaunya pepohonan menambah asri pemandangan. Mereka juga saling berfoto walau sebagian tubuh mereka dibenamkan dalam bak raksasa yang hanya dipagari tembok semen itu. Itulah suasana Air Terjun Batu Putuk yang terletak tak jauh dari Bandar Lampung.

Air Terjun Batu Putuk atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Batu putu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dari Bandar Lampung. Asal usul nama air terjun ini tentunya tak bisa dilepaskan dengan sebuah batu yang terletak diatas bukit yang terlihat seperti terputus. Dalam Bahasa Lampung, Putuk berarti putus. Asala usul nama air terjun ini tidaklah berpengaruh terhadap putusnya sumber mata air air terjun ini yakni Way Belau. Terlepas dari itu semua, air terjun yang satu ini layak Anda kunjungi bersama keluarga saat akhir pekan tiba. Selain jarak tempuhnya yang dekat dengan keluarga juga Anda dijamin nggak bakal kecewa mengunjungi objek wisata yang satu ini. Faizal Afnan, pengunjung asal Jogjakarta ini mengatakan sangat menikmati pemandangan yang disuguhkan kawasan air terjun ini. Selain pemandangannya yang masih alami, air terjun ini juga mampu menyegarkan fikiran selepas menjalankan aktivitas. “Guyuran air terjun yang menyentuh kepala, seperti pijat refleksi alami yang mampu membuang stress,” kata dia.

Air terjun ini bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Biaya masuk per orang Rp 5ribu, sementara untuk kendaraan motor Rp 5ribu dan mobil pribadi Rp 10ribu. Para wisatawan setidaknya harus menuruni 300an anak tangga untuk bisa mencapai di lokasi utama air terjun Batu Putuk ini. Namun, semuanya akan terbayarkan saat kita melihat guyuran air terjun yang begitu memukau. Deretan pohon kopi, kakau maupun durian tampak menemani perjalanan kita. Kawasan objek wisata ini berada di kawasan Gunung Betung. Maka tak mengherankan jika pengunjungnya tidak hanya dari Bandar Lampung, namun, dari Pesawaran juga banyak. Selain itu, pengunjung dari berbagai daerah lainnya juga biasanya berdatangan ke sini saat akhir pekan tiba. Bahkan, turis mancanegara juga biasanya “ngadem” di kawasan ini. Menurut Putri, salah satu pengelola objek wisata ini, pengunjung datang dari berbagai daerah, selain, wilayahnya yang masih sejuk juga air terjunnya yang begitu menyegarkan. “Pengunjungnya sudah lumayan banyak, apalagi sejak tempat ini dikelola dengan baik,” kata dia.

Jalanan untuk menuju air terjun yang satu ini sudah di paving blovk, jadi pengunjung tak perlu khawatir akan kondisi jalan. Beberapa sarana yang tersedia seperti toilet, musola dan kantin. Namun, sayang kondisinya kurang dikelola dengan baik. Namun, ini tak mengurangi keindahan objek wisata yang satu ini. Selain dapat menikmati guyuran air terjun setinggi 20 meter, Anda juga akan disuguhi goa mungil yang tak jauh dari air terjun. Biasanya pengunjung memanfaatkan goa itu untuk berfoto maupun ruang penghangat. Air terjun Batu putuk sangat rekomendid untuk Anda yang memiliki hobi melakukan perjalanan namun memiliki keterbatasan waktu.

Air terjun Batu Putu bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak, karena selain mengenalkan kecintaan pada lingkungan juga mengajak mereka mencintai lingkungan. Saat akhir pekan biasanya pengunjung ramai datang dari berbagai daerah. namun, saat hari-hari biasanya biasanya pengunjungnya dalam seharian sekitar 20-an orang. Air Terjun Batu Putuk kini bisa Anda jelajahi tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Air berkunjung ke Air Terjun Batu Putuk.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages