Jumat, 19 September 2014

Laguna Kiluan, Kolam Renang alami diantara Lautan Lepas




Berjalan-jalan menyusuri kawasan Teluk Kiluan kurang lengkap rasanya jika tidak menginjakkan kaki di Laguna Kiluan. Panorama lautan lepas dengan batuan-batuan karang berbagai ukuran siap memanjakan Anda. Objek wisata yang baru dikenalkan sekitar tahun 2012 ini, kini mulai banyak didatangi oleh para wisatawan yang tengah berlibur di sekitar Teluk Kiluan. 


Objek Wisata Laguna terletak di Dusun Bandung Jaya Pekon Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Rute perjalanan dimulai dari Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam perjalanan. Jalanan yang cukup parah dengan lubang dan bebatuan disana-sini membuat pengendara sedikit kurang nyaman. Namun, semua lelah akan terbayarkan sesampainya di Laguna kelak. Sesampainya di pintu masuk Teluk Kiluan lebih tepatnya di dusun Sukamahi kita ikuti alur perjalanan beruapa jalanan yang telah dicor. Guna memudahkan perjalanan kita langsung menuju dusun Bandung Jaya.


 
Beberapa penginapan menyambut kedatangan para wisatawan yang berlibur di sini. Anda juga tak perlu khawatir, di sini banyak penjual makanan walau harganya agak sedikit mahal. Tips yang mungkin bisa Anda gunakan yakni bawa perbekalan air minum maupun makanan jika sewaktu-waktu lapar kita tinggal menyantapnya. 






Sesampainya di Dusun Bandung Jaya baiknya kita mencari guide sebagai penunjuk jalan menuju Laguna. Pasalnya letak dari laguna ini tersembunyi dan terletak paling ujung di sebuah pantai yang oleh warga sekitar juga disebut Pantai Laguna. Namun, jika Anda pernah datang ke sini, tak perlu lagi menggunakan guide. Biaya yang kita keluarkan untuk guide kita pada umumnya Rp 50ribu. Guide kita selain akan menunjukkan jalan tempat laguna berada juga biasanya dia akan membawakan barang bawaan kita. Ini mungkin salah satu keuntungan menggunakan guide. Jarak antara Dusun Bandung Jaya sekitar 1 km dengan lama perjalanan 25 -40 menit. Medan ini kini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dengan areal naik dan turun bukit. Sesekali Anda bisa berhenti untuk mengusir lelah maupun istirahat sejenak. Rimbunan pohon pisang dan kakao akan senatiasa menemani perjalanan Anda. 


Pemandangan pantai dengan ombak yang cukup besar akan menyambut perjalanan kita sesampainya di turunan terakhir dalam rute perjalanan ini. Inilah pantai yang oleh warga sekitar juga dikenal dengan Pantai Laguna. Pantai yang terletak di Teluk Kiluan ini sangat besar ombaknya. Pasir putih nan lembut menjadi bagian tak terpisahkan dari pantai molek ini.







Beberapa batuan besar juga tampak tersembul diantara deburan ombak dilautan lepas. Ini menjadi objek favorit buat para pengunjung untuk berfoto sebelum sampai ke Laguna. Pantai sepanjang 4 km ini terbentang luas, Anda harus berhati-hati jika ingin berenang di sini. Ombak yang terlalu besar kurang aman untuk berenang. Cukup di pinggir saja sembari menikmati lembutnya pasir Pantai Laguna. Pantai yang tereletak di Dusun Bandung Jaya ini sangat bersih dan masih alami. Hanya pengunjung yang akan menuju Laguna yang akan mampir ke sini. Pasalnya antara Laguna dan Pantai Laguna menjadi satu bagian tak terpisahkan. Hampir dipastikan semua pengunjung yang akan menuju Laguna pasti melewati pantai yang satu ini.


Selepas melepas penat di Pantai Laguna kita langsung menuju destinasi utama yakni Laguna. Batuan terjal tinggi menjulang siap kita lalui. Deburan ombak yang sangat besar setia menemani perjalanan. Kita harus menempuh perjalanan sekitar 5-10 menit perjalanan dengan menaiki satu batu-batuan besar di pinggir pantai. Sesekali kita akan melewati jembatan kayu yang dibuat oleh warga setempat. Jembatan kayu ini sangat bermanfaat untuk para pengunjung karena mengaitkan batu yang satu dengan lainnya. 





Perjalanan yang cukup melelahkan itu akan terbayar saat kita sampai di Laguna. Sebuah kolam renang alami yang terletak diantara lain lepas di sisi kirinya, sementara batuan terjal di sisi kanannya. Banyak pohon-pohon besar yang tumbuh di bukit ini. Terkadang kita juga bisa menjumpai kera ekor panjang yang berkeliaran di sini. Sementara suara siamang senantiasa terdengar sejak perjalanan di mulai hingga kini. Ini benar-benar wisata alam, tanap penjual tanpa kebisingan yang ada hanya deburan ombak, batuan karang dan laguna yang siap Anda selusuri.


Inilah saat yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan, berrenang di kolam dengan kedalaman maksimal 2,5 meter dengan deburan ombak yang terhalang batuan karang. Sementara kita bisa dengan santainya berenang di kolam renang alami ini dengan paduan warga hijau toska dan biru tua. Setidaknya ada tiga laguna yang bisa kita gunakan untuk berrenang atau menyelam. Satu laguna dengan ukuran besar sementara dua yang lainnya dengan ukuran sedang. Para pengunjung paling ramai berenang di kolam renang dengan ukuran besar yang memiliki kedalaman 1-2,5 meter. Sensasi yang benar-benar luar biasa, berenang di kolam renang alami dengan ditemani deburan ombak yang maha dahsyat. Sementara batuan besar tampak berdiri kokoh diantara lautan lepas. Benar-benar pemandangan yang luar biasa. Dan, semua itu hanya ada di Lampung. Selamat Berlibur di Laguna.




 

2 komentar:

  1. It's beatifull view... K jarwo... Pengeeennn....

    BalasHapus
  2. A natural swimming pool at Kiluan Lagoon for tourists is really great. People would love to dive into the water of this pool on the sea and enjoy it.
    meet and greet stansted

    BalasHapus

Pages