Rabu, 17 September 2014

Buak Tat, kue untuk para tamu terhormat

Buak Tat



Masyarakat Lampung memiliki aneka kuliner yang biasanya akan disajikan dalam momen-momen tertentu. Beberapa perayaan seperti Idul Fitri, Idul Adha, Pernikahan maupun momen penting lainnya biasanya aneka kuliner khas Lampung akan disajikan. Sebagai menu pelengkapan sajian biasanya ada juga kue-kue khas Lampung yang juga turut dihidangkan. Beberapa kue khas Lampung seperti Tapai lepot, Lapis legit (maksuba), Benjak-enjak, Sekubal maupun Buak Tat.






Saat acara Mindai beberapa waktu yang lalu yang diselenggarakan di Bandar Lampung Buak Tat turut disajikan. Buak tat merupakan kue istimewa yang biasanya disajikan saat tertentu saat. Sekilas bentuknya sangat sederhana namun memiliki makna yang dalam sebagai sebuah sajian untuk penghormatan terhadap tamu. Buak tat biasanya dibuat oleh para bebai (wanita) Lampung dan dikerjakan secara bersama-sama dalam sebuah tardisi rewangan. Mereka biasanya saling bahu membahu dalam membuat sajian yang satu ini. Buak tat biasanya berbentuk aneka jenis binatang seperti ikan, bunga, burung, kupu-kupu dan lainnya.



Resep untuk membuat Buak Tat yaitu :
Bahan :
- Tepung Terigu
- Gula Pasir
- Telur
- Margarin

Proses pembuatannya :
- Pertama-tama siap peralatan dan baskom untuk membuat adonan Buak tat. Siapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, gula pasir dan margarin.
- Kocok margarin dan campurkan dengan gula hingga adonan menyatu, jika adonan sudah lembut, secara per lahan masukkan telur satu per satu sambil dikocok.
- Sembari mengaduk adonan campurkan tepung terigu dan aduk hingga adonan merata.
- Jika adonan sudah siap maka masukkan adonan dalam cetakan aneka bentuk sesuai dengan keinginan kita.
- Jika ingin menambah selera, bagian dalam adonan biasanya dicampur dengan selai nanas dengan rasa manis maupun aneka selai lainnya.
- Setelah adonan dicetak maka siap dipanggang menggunakan oven sampai adonan berwarna kuning kecoklatan.
- Kini, Buak tat siap disajikan untuk tamu maupun santap keluarga.

Inilah Buak Tat yang turut dihidangkan dalam acara Mindai di Bandar Lampung.

 
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages