Rabu, 17 September 2014

Pesona Tanjung Putus yang tak putus-putus

Kaki dan Ikan di Dermaga Tanjung Putus



Tekno Bolang lagi Selfi di Tanjung Putus
Puluhan pemuda itu berramai-ramai menyelam di kawasan pesisir di Teluk Lampung. Mereka memakai menyelam di lautan yang begitu jernih. Sebagian diantara mereka ada juga yang melakukan aktivis snorkelling sementara yang lain bermain dan berfoto bareng ikan-ikan yang begitu banyak di dekat dermaga. Sesekali diantara mereka ada yang membawa remahan roti untuk mengundang ikan-ikan itu berdatangan. Itulah beberapa aktifitas yang dilakukan oleh peserta snorkelling and fun diving dalam rangkain Festival Krakatau beberapa waktu yang lalu. Salah satu lokasi yang dilalui dalam pelayaran mini itu adalah Pulau Tanjung Putus yang terletak di Teluk Lampung.



Pulau Tanjung Putus merupakan salah satu pulau yang cukup terkenal di Lampung. Ada beberapa jalur yang bisa digunakan untuk bisa sampai di sini. Jalur yang ditempuh untuk bisa sampai di Pulau Tanjung Putus cukup mudah. Kita harus menuju Desa Batu Menyan atau yang biasa dikenal dengan kawasan Ketapang untuk bisa sampai di Pulau Tanjung Putus. Jarak tempuhnya dari Bandar Lampung menuju pelabuhan penyebrangan Ketapang sekitar 40 km dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit. Bagi pengunjung luar kota yang bepergian ala backpacker ada bus damri dengan biaya yang sangat murah yang akan melewati rute ini. Setelah tiba di Pelabuhan Ketapang maka kita akan menyebrang menuju Pulau Tanjung Putus.



Biasanya ada beberapa paket yang ditawarkan. Salah satu paket yang berlaku secara umum yakni trip pulau-pulau kecil di Kawasan Teluk Lampung. Pulau-pulau di sini jaraknya berdekatan sehingga tidak terlalu memakan perjalanan. Biasanya tarif yang digunakan berkisar antara Rp 200ribu sampai Rp 600ribu untuk trip pulang pergi. Jalur yang dikunjungi yakni Kelagian, Pahawang Kecil dan Tanjung Putus.







Berbicara mengenai Pulau Tanjung Putus seperti tak ada habisnya. Pulau mungil di pesisir Teluk Lampung ini menyimpan kekayaan biota laut yang luar biasa. Selain terumbu karang yang mempesona banyak juga ikan-ikan cantik yang menghuni alam bawah laut Pulau Tanjung Putus. Semakin disibak semakin banyak keindahan yang akan kita temukan disana. Seolah tak ada habisnya dan tak ada putus-putusnya menyelami keindahan Pulau Tanjung Putus. Maka tak heran jika pulau yang banyak dihuni masyarakat sunda ini kini kian ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.



Pulau Tanjung Putus dihuni oleh sekitar 30 KK. Tak terlalu banyak fasilitas di sini, bahkan untuk sekolah anak-anak di sini harus menyebrang ke pulau seberang. Namun, siapa sangka ternyata pulau cantik ini menyimpan kekayaan bawah laut yang luar biasa indahnya. Beberapa tahun silam pulau ini digunakan oleh perusahaan Jepang untuk budidaya mutiara dengan melibatkan penduduk sekitar sebagai tenaga kerjanya. Namun, karena habis kontrak perusahaan tersebut tidak ada lagi di sini. Namun, kini warga sekitar mulai banyak mengembangkan bisnis skala kecil hingga menengah untuk melayani para wisatawan. Banyak warung makan maupun homestay yang bisa kita gunakan di sini.




Pantai Pulau Tanjung Putus begitu menawan dan indah. Apalagi saat cuaca cerah birunya laut yang bercampur hijau toska menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa melakukan banyak aktivitas di sini mulai diving, snorkelling, renang, memancing hingga menyusuri bibir pantai yang sangat halus. Pemandangan alam di sini benar-benar mebuat Anda ketagihan untuk tetap bertahan di sini. Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan yakni memancing. Memancing saat sore hari menjadi kenangan tersendiri bagi Anda yang hobi memancing. Apalagi saat sunset mulai terlihat, benar-benar menyempurnakan perjalanan Anda.




 

Jika Anda ingin santai sejenak dan menghilangkan kepenatan kerja selama sepekan, maka Pulau Tanjung Putus bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga. Selain menyajikan pemandangan yang memukau suasana di pulau mungil ini juga sangat nyaman dan aman. Jika Anda menginginkan kenikmatan tiada hentinya, Tanjung Putus bisa menjadi pilihan Anda. Selamat Berlibur, fiuuuuuh.






View di sekitar Pulau Tanjung Putus :




 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages