Minggu, 14 September 2014

Pesona Karang Timbul di Pulau Balak


Karang Timbul hanya ada di Pulau Balak, Punduh Pedada


Puluhan pemuda itu menyusuri sebuah pantai dengan pasir putih nan kemilau saat diterpa cahaya matahari. Mereka tampak riang gembira sembari sesekali mengabadikan momen kebersamaan lewat sebuah kamera. Tak berapa lama, mereka semakin ke tengah melihat batuan karang yang masih hidup tiba-tiba menyembul dari dalam lautan. Semakin surut kondisi laut semakin banyak batuan karang yang terlihat begitu cantik tanpa kita harus menyelam ke dasar lautan. Itulah salah satu pemnadangan di Pulau Balak, Punduh Pedada, Pesawaran. Pulau Balak terletak di desa Pagar Jaya Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran. Pulau ini mulai banyak dikunjungi wisatawan sejak tahun 1997.


Bersama para Travell Blogger Nasional, Tekno Bolang dan Danan W Sumirat, Fotografer Lampung Yopie Pangkie dan Travell Blogger Lampung Sandy Prayoga
Lampung memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang belum tergali. Dalam rangkaian acara Festival Krakatau beberapa waktu lalu, ada acara snorkeling and fun diving menuju Pulau Balak. Pulau balak merupakan salah satu pulau yang memiliki pemandangan alam yang begitu menarik. Keindahan Pulau Balak semakin moncer dengan keindahan alam bawah lautnya yang tak kalah menarik untuk disingkap. Jika kita mengunjungi Pulau Balak kita akan disuguhi dengan pemandangan deretan pasir yang memanjang sepanjang bibir pantai. Pasirnya berwarna putih bersih dan sangat lembut. Hal ini tentunya sangat menarik bagi Anda yang suka menjelajah pantai. Maka tak heran jika setiap akhir pekan tiba biasanya banyak pengunjung yang datang ke sini. Pulau Balak memiliki karakter pantai berbatu pada bagian utara sedangkan pada bagian selatannya merupakan pantai berpasir. 


Perahu saat tengah sandar di Pulau Balak
Pulau Balak bisa ditempuh menggunakan perahu ukuran sedang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Ketapang, Teluk Ratai. Banyak perahu-perahu yang menyewakan jasanya untuk menyebrang ke beberapa pulau-pulau cantik seperti Pulau Pahawang, Pulau Klagian, Pulau Tanjung Putus hingga Pulau Balak. Perahu-perahu milik nelayan setempat ini memang sengaja digunakan untuk penyebrangan saat akhir pekan tiba. 



Diatas perahu


















Kak Danan dari Batam berjalan paling depan
Pengunjung yang datang ke kawasan ini tidak hanya dari Lampung tapi banyak juga wisatawan dari luar Lampung. Bahkan, beberapa waktu lalu pengunjung bisa mencapai 1000 orang dalam sebulan untuk mengunjungi kawasan pulau-pulau cantik di kawasan Teluk Lampung ini. Anda cukup membayar sekitar Rp 600ribu- Rp 1juta untuk perjalanan menuju Pulau Balak. Dalam satu perahu bisa memuat hingga 15-20 orang. Anda harus pandai-pandai menawar untuk mendapatkan harga yang pas.



Jembatan Pulau Balak
Pulau Balak tidak hanya menyuguhkan panorama pasirnya yang begitu lembut dan bersih namun juga menawarkan pemandangan bawah laut yang tak kalah menarik. Jika Anda ingin snorkeling Anda tak perlu khawatir, banyak sekali jasa penyewaan alat snorkeling di sini, satu hari penyewaan dibanderol dengan harga Rp 50ribu. Menurut salah satu penggiat pulau-pulau kecil, Fd Agung Widodo, 80 % kondisi terumbu karang di Pulau Balak masih relatif bagus dan terjaga. Hal ini dikarenakan tak terlalu banyak aktivitas pantai seperti keramba dan lainnya. Bahkan, saat snorkeling maupun diving jika Anda beruntung Anda bisa menjumpai Penyu Sisik yang masih bisa ditemukan di sini. Selain itu, Anda juga memancing di kawasan Pulau Balak ini. Banyak ikan-ikan yang biasanya disantap oleh penduduk pulau ini. Pulau ini hanya ditunggu oleh 2 orang tua yakni Supartono (64) dan Diana (54). Merekalah yang biasanya melayani tamu yang berkunjung ke pulau ini. 



Terumbu Karang
Jika Anda ingin menginap di sini juga menyediakan penginapan untuk para pengunjung. Ada satu rumah dengan dua kamar ukuran besar yang biasa disewa oleh para pengunjung. Penginapan di sini sangat sederhana namun terkesan eksotis karena terbuat dari bambu dan kayu. Harga yang ditawarkan untuk penginapan di sini sekitar Rp 500ribu hingga Rp 1 juta tergantung jumlah pengunung dan lama menginap. Jika Anda ingin berwisata bahari, Pulau Balak sangat rekomendid untuk Anda kunjungi. 


Persiapan untuk Diving

Foto bersama di pinggir Dermaga Pulau Balak

Gembira di Pulau Balak

Pulau Balak dilihat dari tengah laut

Habis snorkelling

mencari senja di Pulau Balak

Pantai berbatu sisi lain Pulau Balak

Kayu melintang di Pulau Balak

Wellcome to Pulau Balak

nenda di depan cottage di Pulau Balak

mejong di Pulau Balak

Pagi hari di Pulau Balak

Deretan cottage di Pulau Balak

Penjaga Pulau Balak

0 komentar:

Posting Komentar

Pages