Sabtu, 07 Februari 2015

Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda






Jika Anda sedang berada di Kalianda tak ada salahnya untuk melupakan kepenatan sejenak dengan berkunjung ke Pemandian Way Belerang. Pemandian air panas yang sudah ada sejak tahun 70-an ini memang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya wisatawan dari sekitar Kalianda saja, namun dari kota bahkan provinsi lainnya juga turut datang ke sini. Pasalnya tak hanya menawarkan pemandian air panas semata tetapi juga menyuguhkan pemandangan alam. Pengunjung paling banyak saat akhir pekan tiba. Selain untuk mengisi liburan juga untuk menjaga kesehatan. Konon, air panas belerang yang bersumber dari sumber air panas Gunung Rajabasa itu mampu menyembuhkan penyakit kulit dan lainnya. Hitung-hitung sambil liburan bisa sekaligus terapi. 




Jarak tempuh dari Kota Bandar Lampung untuk mencapai Kalianda sekitar 65 kilometer. Jalanan yang relatif bagus membuat pengendara bisa dengan nyaman mengendarai kendaraan pribadi maupun umum dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pemandian yang terletak di Kota Kalianda ini membuat wisatawan dengan mudah menemukan wisata yang satu ini. Air hangat yang keluar langsung dari dalam kolam membuat sensasi berrendam menjadi semakin nikmat. Gelembung-gelembung air panas itu langsung bersumber dari Gunung Rajabasa. Airnya tidak terlalu panas jika dibandingkan dengan Pemandian Belerang di Kecapi. Suhunya mencapau sekitar 50-60 derajat celcius. 





Kolam pemandian yang disediakan di sini, ada dua. Dua kolam dengan ukuran besar akan menyambut kedatangan Anda. Kedalamannya mencapai 1,5 meter. Namun, kolam pemandian air panas ini ada undakan-undakan di bagian bawahnya, sehingga pengunjung bisa duduk di dalam kolam. Airnya begitu jernih, namun, pada saat-saat tertentu airnya tampak keruh dengan dominan warna putih pekat. Berendam di kolam pemandian ini sangatlah nyaman. Para pengunjung bahkan betah berlama-lama di sini. Ada beberapa tenda payung dan pondokan yang bisa digunakan untuk bersantai dan menaruh barang-barang. Pemandian ini juga dilengkapi dengan kamar mandi dan ruang bilas yang bersih dan rapih. 



 





Tiket masuknya hanya Rp 10ribu. Para pengunjung bebas sepuasnya untuk berendam di sini. Tak hanya itu saja, pemandangan alam dengan pepohonan yang besar menambah kesan alami kawasan wisata ini. Objek wisata yang terletak di Kabupaten Serambi Sumatera ini juga menawarkan aneka permainan anak-anak seperti flying fox, ayunan dan lainnya. Selain itu, kolam renang air tawar juga ada di sini. Biasanya anak-anak banyak juga yang berenang di sini. Melengkapi perjalanan wisata Anda, di sini banyak yang menjual aneka makanan. Kelapa muda menjadi alternatif minuman yang bisa Anda pesan di sini. Banyak sekali penjual kelapa muda yang menjajakan dagangannya di sini. 



 


Yahya, salah satu pengunjung dari Bandar Lampung mengaku sering berkunjung ke Pemandian Way Belerang. Selain untuk liburan ia juga kerap memanfaatkannya untuk terapi kesehatan. Ia datang bersama keluarganya. Manfaat yang ia rasakan badannya terasa lebih segar. Apalagi di usianya yang sudah mencapai setengah abad, membuatnya terkadang cepat lelah. Manfaat lainnya yang ia rasakan yakni badannya semakin fit dan segar. Ia juga kerap membeli sabun belerang yang banyak dijajakan di sini. Selain digunakan untuk sabun mandi, ia juga sebagai oleh-oleh untuk teman-temannya. Rahmi, warga sekitar mengaku dirinya sejak kecil sudah sering mandi di pemandian di sini. Hingga kini, hampir setiap pekannya ia selalu datang ke sini. Ia merasakan banyak manfaat seperti penyakit kulitnya yang hilang dan badan terasa bugar. “Alhamdulillah, badan rasanya enteng, enak untuk melakukan berbagai aktivitas,” kata dia. 



 
Kawasan objek wisata ini juga dilengkapi dengan balai pertemuan yang bisa disewa dan penginapan dengan harga terjangkau. Jadi, sangat cocok untuk pengunjung dari luar daerah yang ingin berlama-lama liburan di sini. Objek wisata ini sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata Lampung Selatan sehingga lebih terawat. Selain dua kolam utama, ada juga parit air panas yang biasanya digunakan warga untuk berendam. Sensasi air panasnya lebih terasa. Ayo berrendam ke Kolam Pemandian Way Belerang Kalianda. 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages