Jumat, 04 Juli 2014

Pantai Tirtayasa yang alami dan penuh pesona




 Pesona Pantai Tirtayasa yang masih alami


Pagi itu, Senin (30/6/2014) Aku berjalan menyusuri pantai di pinggiran Teluk Lampung. Aku tak sendiri disana, di hari ramadan yang keempat ini saya menemani kawan saya, Kurniadi dari Palembang untuk mengunjungi pantai-pantai di pesisir Teluk Lampung. Salah satunya adalah Pantai Tirtayasa. Qoriatul Hayati dan adiknya, Ivan juga ikut dalam perjalanan kami. Sembari  bercanda ria kami terus berjalan di sepanjang bibir pantai yang bersih dari sampah itu. Sesekali kami bercanda ria sembari menikmati pemandangan laut yang begitu khas dan mempesona. Ombaknya tak begitu besar bahkan cenderung tenang. Itulah gambaran suasana di Pantai Tirtayasa, Teluk Betung Timur, Bandar Lampung.



 Suasana alam di Kawasan Pantai Tirtayasa


Pantai Tirtayasa terletak di Gang Harnas dusun Way Tataan Kelurahan Sukamaju Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung. Masyarakat sekitar lebih mengenal kawasan pantai ini dengan Harnas yang tak lain diambil dari nama gang masuk pantai ini. Jarak tempuh dari pusat kota pun tak terlalu jauh, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit untuk bisa mengunjungi pantai cantik ini. Jalanan yang dilalui hingga pantai ini pun relatif halus. Letaknya yang strategis membuat pantai ini cukup dikenal warga Lampung. Apalagi di bagian pintu gerbang pantai ini ada plang besar yang memuat nama pantai ini.



 Ivan dan Adi berjalan menyusuri Pantai Tirtayasa


Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di pantai ini. Ombak yang cenderung tenang membuat pantai ini cocok untuk renang mulai anak-anak hingga orang dewasa. Pantai berpasir putih ini juga tak terlalu banyak karangnya sehingga nyaman saat renang. Jika Anda ingin menyewa ban untuk renang, penduduk sekitar banyak yang menyewakan ban renang. Harga sewanya pun cenderung murah. Ban renang ukuran kecil dibandrol dengan jasa penyewaan sebesar Rp 5ribu selama seharian penuh. Sementara untuk sewa ban besar selama satu hari Rp 10ribu. Pantai ini juga banyak memiliki batuan kecil yang tersebar di sepanjang pantai. Sesekali kita juga bisa melihat bebatuan besar yang menyembul diantara air laut yang tenang. Bagi Anda yang suka berfoto bebatuan yang tersembul itu cocok dijadikan pijakan saat berfoto. 

 
 Batuan yang menyembul bisa jadi pijakan untuk berfoto, hehehehe


Selain berenang, aktivitas lainnya yang bisa Anda nikmati adalah memancing. Anda bisa memancing di beberapa titik yang memang cocok untuk memancing. Jika Anda ingin bersantai menikmati pemandangan dan para nelayan yang sedang beraktivitas Anda bisa menyewa gazebo. Gazebo yang terbuat dari campuran semen dan pasir itu banyak tersebar di sepanjang bibir pantai dengan beratapkan seng. Gazebo bisa disewa dengan harga Rp 15ribu selama sehari. 


 Deretan Gazebo di pinggiran Pantai Tirtayasa


Tak jauh dari pantai ini ada juga Pulau Kubur. Bahkan, pulau ini sangat jelas terlihat dari pantai Tirtayasa. Konon ada satu kuburan yang terletak diatas bukit di pulau Kubur. Makanya warga setempat menyebutnya dengan pulau kubur. Pulau tak berpenghuni itu bisa ditempuh dengan waktu sekitar 10-20 menit dari pantai ini. Banyak warga yang menyewakan jasa penyebrangan ke pulau kubur dengan menggunakan perahu. Jika penumpang mencapai lebih dari 10 orang masing-masing penumpang dikenai tarif sebesar Rp 10ribu – Rp 15ribu. Namun, jika hanya 2 penumpang biaya yang dikenakan sebesar Rp 50ribu. 


 
 Perahu nelayan siap mengantar Anda menuju Objek Wisata Pulau Kubur


Pantai yang telah dibuka sejak tahun 80-an ini begitu alami dan mempesona. Walau telah dibuka sebagai tempat hiburan puluhan tahun lalu namun pantai ini masih begitu alami. Tak banyak sampah di sini. Pengunjung juga tak terlalu banyak. Hanya saat-saat akhir pekan saja pantai ini biasanya ramai dikunjungi wisatawan. Jadi, pantai ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga.


 
 Ivan dan Adi berjalan menuju tempat istirahat, tampak Qoriatul sedang menanti


Setiap pengunjung yang memasuki kawasan pantai ini dipungut biaya sebesar Rp 5000. Sedangkan sewa parkir untuk mobil sebesar Rp 2000 dan motor Rp 1000. Pantai ini sangat rekomendid bagi Anda yang ingin memanjakan diri sekaligus berlibur dengan biaya yang murah. Selain lokasinya yang strategis Anda juga dapat bonus pemandangan yang begitu alami dan mempesona.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages