Selasa, 26 Agustus 2014

Pantai Muara Indah tempat memanjakan Mata Anda





Tanggamus menyimpan potensi wisata bahari yang begitu besar. Banyak pantai-pantai bertebaran yang siap memanjakan mata para wisatawan. Mulai Pantai Terbaya hingga Pantai Muara Indah di tengah kota. Maka tak mengherankan jika Kota Agung menjadi “surga kecil” bagi para penikmat pantai. Masyarakat Lampung mulai melirik Kota Agung sebagai salah satu kota tujuan wisata. Salah satu pantai yang terletak di tengah kota yakni Pantai Muara Indah. Awalnya pantai ini dikenal dengan Pantai Muara Busuk karena banyaknya timbunan sampah dan perkampungan yang kumuh. Namun, kini sampah-sampah itu telah dibersihkan begitu juga dengan perkampungan yang kumuh kini telah tiada. 

 


Kini, Pantai Muara Indah lebih bersih dan tertata. Bebatuan laut banyak bertebaran di sepanjang bibir pantai. Pada umumnya batuan itu berwarna hitam tak sedikit warga di sini yang mengambil batu-batuan itu untuk membuat rumah maupun bangunan lainnya. Para pengunjung bebas keluar masuk pantai ini tanpa harus dipungut biaya. Biasanya pantai ini akan ramai saat sore tiba. Para pengunjung biasanya berrenang maupun mencari tutut ( sejenis keong laut) untuk disantap. Pantai ini memiliki panjang sekitar 5 kilometer. 





Tak jauh dari kawasan Pantai Muara Indah juga ada Tempat Pelelangan Ikan Pasar Madang Kota Agung. Jadi, buat Anda yang ingin berbelanja ikan segar dengan harga lebih terjangkau tak perlu repot-repot, di sini tempatnya jualan ikan. Masyarakat banyak yang berbelanja ikan sgar di sini. Berbagai jenis ikan mulai Ikan Tongkol, Ikan Layang dan lainnya. Iakn-ikan segar ini biasanya juga akan dijual ke pengepul yang siap mendistribusikannya hingga Bandar Lampung dan sekitarnya. 























 




Masyarakat yang hidup di sekitar Pantai Muara indah merupakan masyarakat dari berbagai etnis mulai Cina, melayu, Lampung, Jawa, Sunda, Padang, Batak dan lainnya. Namun, masyarakat Lampung Saibatin cukup mendominasi. Dalam keseharian mereka biasanya menggunakan bahasa Lampung dialek api. Hal ini tentunya mempengaruhi budaya yang berkembang di masyarakat sekitar. Tradisi ngumbai Lawok yang beberapa waktu yang lalu dilakukan di pantai ini juga banyak mendapat pengaruh budaya Lampung. 





Pantai Muara Indah bisa dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan mulai kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Infrastruktur jalan yang ditempuh dari Bandar Lampung menuju pantai ini relatif aman dan bagus. Anda membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari Bandar Lampung untuk bisa sampai di objek wisata yang satu ini. Anda juga bisa melihat secara langsung budaya masyarakat pesisir saat para nelayan melakukan aktivitasnya di sekitar Pantai Muara Indah ini. Pantai Muara Indah yang memiliki riwayat kelam ternyata kini bisa disulap menjadi pantai cantik yang banyak dikunjungi wisatawan. Ayo berkunjung ke Pantai Muara Indah. 


 


1 komentar:

  1. Take a look at this Muara Indah Beach pictures. How lovely view it looks in evening. Thanks for sharing this nice post.

    compare airport parking

    BalasHapus

Pages