Minggu, 17 Agustus 2014

Pantai Duta Wisata nan Mempesona



Tampak tiga pemuda yang sedang asyik menyusuri sebuah pantai di kawasan Teluk Lampung. Tidak seperti pantai-pantai di kawasan pesisir Lampung yang banyak berpasir, pantai ini cenderung berkarang. Hanya di beberapa sisi saja yang menandakan pantai ini bisa digunakan untuk mandi. Hampir di sepanjang bibir pantai ditembok menggunakan semen bercampur kerikil. Tembok ini tampak kokoh dan menambah cantik pemandangan. Itulah sekilas gambaran tentang Pantai Duta Wisata. 

 


Pantai Duta Wisat terletak di kelurahan Sukamaju Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung. Pantai ini termasuk pantai yang ramai dikunjungi oleh warga Bandar Lampung. Selain jarak tempuhnya yang tak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung juga ada beberapa wahana yang bisa dinikmati di sini. Kita membutuhkan waktu sekitar 15-25 menit agar bisa sampai di pantai ini. Pintu gerbang pantai duta wisata tampak berdiri tegak dengan dominan warna krem. Para pengunjung harus kembali menyusuri jalanan berkerikil agar sampai di bibir pantai. Semakin ke dalam sebagai banyak pepohonan yang akan kita jumpai. Kita seolah-seolah sedang dibawa menuju hutan mini di pinggir pantai.




Pantai cantik ini telah dibuka sejak tahun 90-an. Sejak saat itu pantai ini mulai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar daerah. Setiap pengunjung yang masuk menuju kawasan wisata ini dikenai tarif sebesar Rp 10ribu untuk pengunjung dewasa.Sementara untuk pengunjung anak-anak dikenai tarif sebesar Rp 7000. Selain dikenai tarif per individu, bagi pengguna mobil ukuran besar dikenai tarif Rp 20ribu, mobil ukuran sedang Rp 15ribu dan untuk mobil ukuran kecil Rp 10ribu. Memang pantai ini bisa dikatakan sebagai pantai ekslusif milik orang-orang “berada”. Bolehlah sekali-kali kita menikmati pantai eksotis ini yang ramai dikunjungi oleh para pemilik mobil-mobil mewah, hehehehe. Konon, menurut warga setempat pantai ini ramai dikunjungi saat akhir pekan datang. Tak jarang diantaranya mereka banyak yang membawa mobil namun pengguna motor juga banyak kita temukan di pantai ini. 


 

Banyak wahana yang bisa kita nikmati di pantai ini. Pada bagian sisi kanan pantai ada bagian yang memang aman digunakan untuk mandi, bahkan ada tiang penyangga yang bisa digunakan untuk pegangan. Jadi bagi para pengunjung memang ada semacam tangga kecil yang dimuat dan tiang penyangga untuk mempermudah pengunjung mandi di bibir pantai. Warga setempat banyak juga yang menyewakan ban untuk renang. Ban ukuran besar dikenai biaya sewa sebesar Rp 10ribu sementara ban dengan ukuran kecil dikenai biaya sewa sebesar Rp 5000. Sewa ban ini tanpa adanya batasan waktu, artinya pengunjung bisa menyewa ban itu selama seharian untuk renang. Pantai duta wisata ini cocok untuk mandi saat sedang surut karena jika sedang pasang ombaknya terlalu besar.


 

Pantai ini termasuk pantai yang lumayan bersih, petugas kebersihan menyampu jalanan setiap pagi dan sore hari. Jadi, Anda bisa berlama-lama menikmati pemandangan dengan deretan pepohonan yang rindang dan bersih. Selain itu, Anda juga bisa memancing di bagian sisi kiri pantai ini. Banyak juga warga yang biasa memancing di sini hanya untuk sekedar mengisi hari-hari libur. Berbagai jenis ikan ada di sini, ada juga beberapa perahu nelayan yang masih berseliweran di sekitar pantai. Tak jauh dari pantai ini tampak tempat pelelangan ikan yang biasa melakukan transaksi perdagangan ikan. Jadi, buat Anda selepas berkunjung ke pantai ini bisa langsung menuju tempat pelelangan ikan. 

 



Selain pantai, ada juga dua kolam yang cukup besar yang biasany digunakan untuk wahana bebek-bebekan untuk permainan anak kecil. Namun, sayang kolam besar itu kini menyerupai danau kecil di dekat pantai tanpa aktivitas. Bebek-bebekan itu juga tampak mangkrak di pinggir pantai. Selain itu, fasilitas seperti musola dan gedung serbaguna juga ada di sini. Jadi, bagi Anda yang muslim tak perlu khawatir berlama-lama di sini tanpa meninggalkan kewajiban salat. Warung-warung makan dan snack juga tampak memenuhi sisi kanan pantai. Para penjual akan semakin ramai saat akhir pekan tiba. Pantai ini juga dilengkapi ruang mandi dan pembilasan. Berkunjung ke pantai ini banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Ayo berkunjung ke Pantai Duta Wisata. 


0 komentar:

Posting Komentar

Pages