Selasa, 01 September 2015

5 Pulau yang Wajib Anda Kunjungi saat di Lampung




Angin semilir menyeruak menerpa beranda Bakauheni. Lautan luas terhampar di depan mata. Pulau-pulau kecil tampak tersebar tak beraturan. Dengan aneka bentuk dan ukuran. Ada yang ditumbuhi bakau, tak jarang ada yang “tampil” memukau. Sebagai provinsi yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia tentunya potensi bahari sangat potensial untuk dikembangkan. Belum lagi pulau-pulau kecil di sekitar Selat Sunda yang begitu eksotis. Pulau-pulau ini memiliki keindahan tersendiri yang tidak akan Anda temukan di daerah lainnya. Kali ini tim perjalanan Lampung Post menyuguhkan 5 pulau cantik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Lampung.

1.      Pulau Pisang 

Tim perjalanan Lampung Post membutuhkan waktu hingga 4 jam perjalanan darat dari Kota Bandar Lampung untuk sampai di Kota Krui. Kota yang terkenal dengan damar kucingnya ini merupakan ibukota Kabupaten Pesisir Barat. Jalanan yang harus ditempuh lumayan mulus. Agar bisa sampai di Pulau Pisang kita bisa menggunakan 2 alternatif rute perjalanan. Pertama, dari Pelabuhan Kuala Selalaw Kota Krui. Lewat penyebrangan ini kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan ombak lumayan tenang. Jika beruntung Anda bisa menjumpai lumba-lumba yang aktif bermain-main di sekitar perairan Krui. Alternatif yang kedua, dari Kota Krui Anda melanjutkan lagi melalui jalur darat menuju Pelabuhan Tebakak. Waktu tempuhnya sekitar 20-30 menit. Sesampainya di dermaga Tebakak kita bisa langsung menuju Pulau Pisang dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Ombak lumayan besar jika melalui dermaga yang sekilas seperti pantai biasa ini.

Pulau Pisang menyuguhkan keindahan alam Lampung yang tak terduga. Pulau yang dihuni masyarakat asli Lampung ini memiliki pasir pantai yang sangat lembut. Tak hanya itu, perpaduan biru laut dengan hijau toska tersebar di banyak titik. Jika Anda ingin berenang haruslah waspada. Ombak lumayan besar di sini. Pulau pisang akan banyak memberikan kenangan manis yang tak pernah Anda lupakan.

2.      Pulau Pahawang

Pulau yang kini tengah naik daun ini memang sangatlah ramai saat akhir pekan tiba. Tak hanya pengunjung dari Sai Bumi Ruwai Jurai saja, namun banyak juga wisatawan yang datang dari luar provinsi. Pulau Pahawang memang tidak hanya menyuguhkan keindahakn bawah lautnya saja, namun juga menyuguhkan pemandangan alam yang begitu eksotis. Terumbu karang yang masih alami dengan aneka jenis ikan bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang. 

Pulau Pahawang masuk dalam Kabupaten Pesawaran, Lampung. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Dari Kota Tapis Berseri kita menuju Pelabuhan Ketapang kita hanya butuh waktu 1 jam. Dan, dilanjutkan dengan perjalanan laut menuju Pahawang juga dengan waktu yang sama. Anda bisa mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya yang juga tak kalah keren. Ada Pulau Maitem, Pulau Kelagian Lunik dan Kelagian Balak yang bisa Anda susuri. 

3.      Pulau Balak

Pulau ini juga masuk Kabupaten Pesawaran. Keindahan pasir putihnya yang masih sangat alami membuat siapa saja yang berkunjung ke sini akan ketagihan. Saat air pasang Anda akan disuguhkan dengan aneka karang timbul yang begitu sempurna. Sungguh Mahakarya Sang Pencipta yang tiada duanya. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan rute yang sama menuju Pulau Pahawang. Anda akan dapat bonus trip ke Pulau Tanjung Putus, Pulau Loh dan Pulau Lunik yang juga memiliki pemandangan yang sayang untuk Anda lewatkan. 

4.      Pulau Kiluan

Pulau Kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Lampung. Waktu tempuhnya sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Jalanan yang cukup terjal tentunya sangat menantang andernalin Anda. Pulau Kiluan yang masuk dalam Kawasan Teluk Kiluan ini merupakan salah satu desnitasi wisata Lampung yang juga banyak diburu wisatawan. Maka tak heran, jika saat akhir pekan hampir semua cottage yang tersedia disana sudah dipesan wisatan. Pasir putih yang sangat lembut menjadi salah satu daya tariknya selain keindahan terumbu karangnya. Anda akan dapat bonus trip mengunjungi Laguna, trip lumba-lumba dan mengunjungi objek wisata Gigu Hiu (Batu Layar).

5.      Pulau Sebesi

Pulau Sebesi terletak di Desa Pulau Sebesi Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Waktu tempuhnya dari Kota Bandar Lampung sekitar 4 jam perjalanan darat dan laut. Pulau ini menyuguhkan pemandangan alam khas pedesaan. Beberapa spot yang banyak dikunjungi adalah Gubug Seng. Dari sini kita bisa menatapa Gunung Anak Krakatau. Laguna juga terbentuk secara alami diantara batuan karang. Benar-benar perpaduan yang paripurna.
Banyak hal yang bisa kita lakukan di sini. Jika kita ingin berenang kita bisa mengunjungi Pulau Umang-Umang yang bisa ditempuh dengan waktu 10 menit dari Pulau Sebesi. Selain renang, kita juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang keren. Kita bisa melanjutkan trip perjalanan menuju Gunung Anak Krakatau dan pulau-pulau di sekitarnya.
Lampung memang memiliki banyak pulau cantik. Namun, sayang belum banyak yang mengekspos keindahannya. Pulau lainnya yang rekomendid Anda kunjungi yakni Pulau Legundi, Pulau Tabuan, Pulau Sebuku, Pulau Harimau, Pulau Tangkil dan Pulau Tegal. Lampung begitu indah, masih berdiam diri di rumah ? Ayo angkat ranselmu, pulau-pulau disana menanti kedatangannya. 


0 komentar:

Posting Komentar

Pages